Kamis, 18 Juni 2015

Seleksi Calon Pendidik SILN Tahun 2015

Jakarta, Ada sekitar 120 calon pendidik Sekolah Indonesia Luar Negeri yang ditempatkan pada beberapa negara, diantaranya SI Singapura, SI Malaysia Kuala Lumpur, SI Malaysia Kota Kinabalu, SI Bangkok, SI Davao Filipina, SI Yangon, SI Moskow, SI Kairo, dan SI Tokyo, dari 120 calon pendidik tersebut akan di ambil sebanyak 20 calon pendidik saja. Berdasarkan Curriculum Vitae, memang calon pendidik sangat berkompetensi, rata-rata berkualifikasi akademik S-2 di kampus-kampus ternama, dari sisi wilayah memang calon pendidik merata, ada yang berasal dari Aceh, Jambi, Kalimantan, Bali, Sulawesi, Ambon, meskipun tetap Pulau Jawa sangat mendominasi khususnya Jawa Barat (Orang sunda uey, tonghilap nya', hehehe).
Seleksi dilaksanakan pada tanggal 28 s.d 30 bertempat di Hotel Century Park Senayan. Seleksi di bagi beberapa ruangan, kelompok berdasarkan jenis bidang studi masing-masing, Calon Pendidik Mapel Fisika berkumpul dengan teman-teman yang Fisika, Matematika dengan Matematika, Ekonomi dengan Ekonomi, Guru Kelas SD dengan Guru Kelas SD, begitu juga dengan yang lainnya. Proses seleksi langsung dipimpin oleh Kepala Sekolah Indonesia Luar Negeri yang membutuhkan, dengan didampingi Atase pendidikan masing-masing negara, dan pihak biro perencanaan dan kerjasama luar negeri serta pihak kemdikbud.
Alhamdulilah seleksi saya lalui dengan lancar dan tidak ada kendala, Mulai dari Tes Tulis Model "Scholastic Apptitude Test Model" yang pertama saya alami karena ada beberapa perbedaan dari tes-tes kompetensi dasar yang lain, salah satunya Tes Bahasa Inggrisnya model IELTS bukan TOEFL, ada tes Army Alpha tentang konsentrasi tingkat tinggi, seolah-olah peserta wajib konsentrasi jika ingin kerjaan selesai tepat waktu, tes tulis ini bobotnya 40%, kemudian ada Microteaching 40% dan yang 20% adalah wawancara. Kebetulan untuk Guru Kelas SD Penempatannya ada di 2 SILN, yaitu di SI Kuala Lumpur dan S1 Davao Filipina, dengan masing-masing jumlah formasi 1 di SI Kuala Lumpur dan 3 di SI Davao Filipina.
Apapun hasilnya nanti saya hanya bisa berikhtiar dan berdoa kepada Allah SWT, semoga mendapatkan hasil yang terbaik dan selalu di ridhoi Allah SWT.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar